Ketahui Perbedaan Serial, Series, Film dan Sinetron

Mutiia.com

Seiring berkembangnya teknologi, saat ini kita sudah dimudahkan untuk menonton film, serial, series dan sinetron. Televisi sudah bisa ditemui hampir di setiap rumah, begitu pula smartphone. Hampir semua orang memiliki handphone yang memberikan kemudahan untuk mengakses semua yang ingin kita lihat atau ketahui. 

Tontonan tersebut bisa dilihat lewat handphone dengan mendownload aplikasi khusus yang menyediakan tontonan serial, series dan drama atau bisa juga nonton lewat youtube. 

Televisi juga semakin canggih karena bisa tersambung dengan jaringan internet dan wifi. Jadi TV tidak hanya bisa digunakan untuk menonton sinetron saja, tetapi juga bisa mengakses youtube atau web series. Sedangkan untuk menonton film, kita harus datang ke bioskop dulu. Bioskop biasanya hanya ditemui di kota-kota besar atau di tengah kota.

Istilah serial, series, film dan sinetron tentunya sudah tidak asing lagi karena sering sekali kita dengar. Istilah tersebut biasa digunakan dalam sebuah judul film layar lebar atau televisi dan memiliki arti yang berbeda-beda. 

Yuk simak untuk mengetahui perbedaan serial, series, film dan sinetron:          

Serial

Kata ‘serial’ berupa kata sifat atau adjektiva yang menunjukan serangkaian cerita dari subjek yang sama tetapi satu cerita tersebut bukan lanjutan cerita sebelumnya. 

Tidak harus membaca alur cerita sebelumnnya untuk memahami alur cerita secara keseluruhan. Ciri khas serial yaitu karakter yang memerankan sama, namun alur cerita berbeda.

Series

Series adalah sebuah kata benda (noun) yang menunjukan satu kesatuan alur cerita dimana satu cerita dengan cerita lainnya berkaitan sehingga jika ada bagian yang tidak diikuti maka membuat kita akan kesulitan dalam memahami alur cerita selanjutnya. Artinya jenis ini mempunyai alur yang runtut dan setiap seriesnya juga berkaitan dengan cerita sebelumnya. 

Jadi bila ada bagian plot yang hilang, maka penonton sulit memahami alur cerita berikutnya. 

Ciri-Ciri lainnya:

- Series biasanya hanya tayang di situs atau platfom streaming dan jarang tayang ditelevisi.
- Memerlukan jaringan internet untuk menontonnya. Bisa juga dengan berlangganan untuk melihat update episode terbaru atau semua episodenya. Ada juga yang gratis tapi tetap mendahulukan pelanggan VIP.
- Episodenya sedikit, paling banyak belesan atau dua puluhan episode
- Ceritanya tidak bertele-tele. 
- Adegan yang disugukan lebih bebas karena tidak banyak aturan
- Biasanya ditonton oleh anak-anak muda.

Film

Film direkam di atas pita seluloid. Film biasanya disebut juga dengan movie. Film memiliki durasi yang lebih lama biasanya 1 jam lebih bahkan ada yang mencapai 2 jam ataupun lebih, tetapi alurnya singkat. 

Film biasanya ditonton dalam sekali duduk. Artinya, sekali tonton sampai habis. Film selalu ditayangkan lewat bioskop terlebih dahulu, setelah 1 tahun atau lebih kemudian baru ditayangkan di TV.

Film adalah seni drama yang disajikan dalam bentuk yang lebih kompleks dan sempurna. Sebenarnya, film adalah bagian dari kamera film, berupa klise panjang yang terbuat dari bahan seluloid untuk merekam peristiwa yang bergerak. Namun karena keberadaannya sangat menunjang kreatifitas pembuatan drama, film menjadi bentuk seni sendiri.

Film hanya ditanyangkan di bioskop, namun ada pula film yang di tanyangkan di Televisi juga namun tidak bersambung seperti sinetron. 

Sinetron

Sinetron merupakan kependekan "sinema elektronik" yang direkam di pita video. 

Sinetron memiliki durasi yg sangat panjang dibanding film. Sinetron ditayangkan di Televisi setiap hari dengan durasi 1 jam (dengan iklan) dan episodenya terus bersambung.

Sinetron juga bisa kita ditemui di web atau platform streaming. Nonton sinetron lebih mudah dijangkau karena tidak memerlukan koneksi internet, hanya tinggal menyalakan TV.

Ciri-ciri lainnya:

- Episode sinetron sangat panjang dan banyak bisa sampai ribuan episode dan bisa juga tayang hingga bertahun-tahun. 
- Ceritanya juga bertele-tele dan tidak jelas.
- Adegannya di sinetron tidak sebebas series karena memiliki banyak 
- Biasanya ditonton oleh ibu-ibu

Nah itu dia perbedaan serial, series, film dan sinetron. Semoga bermanfaat


0 Komentar