Penyimpanan Data Online (Cloud Storage) Gratis

Mutiia.com
Cloud storage merupakan tempat penyimpanan file online. File yang disimpan dapat berupa foto/ gambar, video, audio, dokumen, musik dan tipe file lainnya. Tapi tidak semua layanan cloud storage dapat menyimpan semua jenis file.

Menyimpanan data ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan penyimpanan local storage, seperti:

1. Tidak harus secara fisik memiliki perangkat penyimpanan seperti hard disk/ flaskdisk.
2. Mudah membagikan file
3. Menghemat biaya
4. Mudah diakses kapanpun dan dimanapun atau dapat diakses secara realtime
5. Data lebih aman

Layanan cloud storage ada yang gratis dan berbayar, untuk yang berbayar biasanya kapasitasnya lebih besar. 

Berikut layanan cloud storage gratis yang bisa kamu gunakan:

1. Google Drive
Layanan ini memiliki kapasitas ruang penyimpanan 15GB yang dapat digunakan bila anda sudah memiliki akun Google.

2. Dropbox
Dropbox menyediakan tempat penyimpanan file online, berbagi file dan sinkronisasi. Cloud storage asal Amerika ini memiliki ruang penyimpanan gratis 2GB dan dapat diakses melalui situs web browser, aplikasi desktop di Windows dan Mac dan aplikasi selular IOS atau Android.

Penyimpanan ini juga dilengkapi dengan penghapusan data jarak jauh jika perangkat anda hilang atau dicuri, menyimpan salinan file/ folder yang di hapus selama 30 hari, menyimpan file versi baru dan versi sebelumnya, sehingga proses pemulihannya mudah dan menyediakan peringatan konfirmasi pada desktop setiap ada tindakan.

3. One Drive
Layanan dari microsof ini memiliki ruang penyimpanan 5GB yang bisa didapatkan ketika Anda membuat akun Microsoft.

4. MediaFire
MediaFire meruapakan layanan file sharing dan file storage yang memberi 10GB ruang penyimpanan gratis. Program seperti friend referral atau aplication download memberikan Anda kesempatan untuk mendapatkan ruang penyimpanan lebih .

5. pCloud
pCloud merupakan layanan yang aman dengan interface yang mudah digunakan. Layanan ini menawarkan 10GB ruang penyimpanan gratis.

6. MEGA
Jika mendaftarkan akun di MEGA, kamu akan mendapatkan ruang penyimpanan gratis 50GB.

7. Yandex Disk
Ketika membuat akun Yandex, Anda akan mendapatkan 10GB ruang penyimpanan gratis. Layanan ini memiliki akses gratis ke Microsoft Office Online tanpa harus menginstalnya. 

8. FlipDrive
FlipDrive merupakan online storage yang menawarkan 10GB ruang penyimpanan gratis. Program friend referral dapat digunakan untuk memperoleh lebih banyak lagi ruang penyimpanan.

9. Box
Ketika membuat akun Box, Anda mendapatkan 10GB ruang penyimpanan gratis. Box dilengkapi dengan keamanan level enterprise yang membuat Anda memiliki kontrol penuh pada file dan akses. Tautan share dokumen juga dilindungi kata sandi.

10. Degoo
Degoo memberikan ruang penyimpanan sebesar 100GB. Ruang penyimpanannya jauh lebih besar dibandingkan cloud storage lainnya. 

11. Sync.
Sync memberikan 5GB ruang penyimpanan gratis yang bisa didapatkan setelah mendaftar akun Sync. File akan aman karena layanan ini memiliki proteksi enkripsi end-to-end.

Cara mengakses penyimpanan awan atau cloud storage ini cukup mudah, anda hanya perlu memastikan perangkat anda terhubung dengan internet.

0 Komentar