Tips Menghilangkan Kebiasaan Menunda-Nunda Pekerjaan

Mutiia.com

Menunda pekerjaan atau procrastinating memang terasa menyenangkan, tapi hal ini hanya menjadi kesenangan sesaat.

Pasti diantara kalian ada aja nih yang suka menunda pekerjaan dan ada juga yang tidak suka menunda-nunda pekerjaan?

Jadi, kalian tim yang lancar ngerjain pas deadline udah dekat atau tim yang suka nyicil tugas dari jauh-jauh hari?

Nah, pastinya kalian sudah tau kalau menunda pekerjaan itu kurang baik dan bisa memberikan dampak negatif, tapi masih saja sering dilakukan. Kebiasaan menuda-nunda ini sama saja dengan membuang-buang waktu. Beberapa penelitian juga menunjukkan kalau orang yang memiliki kebiasaan prokrastinasi merupakan orang yang memiliki regulasi diri yang buruk.

Kebiasaan ini bikin pekerjaan gak selesai-selesai, kemudian efisien kerja menjadi menurun, menjadi kurang teliti jika dikerjakannya dengan terburu-buru, hasil yang didapat juga tidak maksimal, sampai bikin strees dan tertekan karena kesulitan membagi jadwal.

Kadang kita udah nge-list apa saja yang mau dikerjain, tapi ada saja alasan untuk menunda pekerjaan, sibuk rebahan, main hape, atau ngelakuin pekerjaan lain yang gak penting.  Prokrastinasi ini bisa dikatakan perilaku yang dilakukan dengan sadar. Sadar kalau lagi menunda pekerjaan, sadar kalau menunda-nunda itu tidak baik, tapi mau berubah juga susah banget.

Procrastination ini biasanya terjadi karena kita merasa memiliki banyak waktu, padahal jika pekerjaan atau tugas bisa diselesaikan lebih cepat, kalian bisa punya banyak waktu untuk hal lain. Tapi ada aja yang masih menggunakan motto “kalau bisa besok, kenapa harus sekarang”. Hayoo, siapa nih dari kalian yang masih suka mengguanakan motto ini?

Orang yang suka menunda itu bukan berarti pemalas, keduanya ini berbeda. Kalau menunda itu kegiatan aktif, kamu memilih melakukan hal lain ketimbang mengerjakan hal yang seharusnya dikerjakan, sedangkan malas sifatnya pasif, kamu tidak memiliki kemauan untuk melakukan aktivitas.

Ditulisan kali ini aku mau berbagi beberapa tips menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan:

1. Niat
Kegiatan apapun harus diawali dengan niat, karena kebiasaan menunda tidak dapat diselesaikan dengan solusi dari luar, jadi harus dari diri kita sendiri.

Jauhi pemikiran kalau menunda pekerjaan itu tidak selalu membuat kamu rugi, karena dengan tidak menunda, kamu akan memiliki hidup yang lebih produktif.

2. Buat Jadwal Tertulis
Dengan membuat jadwal tertulis, kamu bisa melihat timeline kegiatan atau pekerjaan kamu secara keseluruhan.

3. Buat Deadline Palsu
Waktu deadline yang lama biasanya membuat kamu menuda-nunda, jadi kamu perlu membuat deadline palsu dengan memajukan deadline itu. Hal ini dibuat agar kamu terdorong melakukan pekerjaan dengan cepat. Kamu juga tidak perlu panik, jika tiba-tiba ada pekerjaan tambahan atau  pekerjaan kamu harus dikumpulkan lebih awal.

4. Tidur yang Cukup
Kurang tidur dan tidur tidak teratur bisa mempengaruhi konsentrasi kita. Dengan tidur yang cukup, kamu akan lebih fokus dan pekerjaan yang dilakukan bisa menjadi optimal.

5. Singkirkan Gangguan (gadget, televisi, sosmed dll)
Singkirkan hal-hal yang membuat kamu terganggu dan tidak fokus. Karena kalau sudah merasa bosen biasanya akan mengambil hp kemudian buka sosmed dan bisa tidak berhenti sampai lupa waktu. Kamu bisa matikan handphone/ televisi, jauhkan gedget dari pandangan, silent notifikasi hp atau upaya lainnya yang bisa membuat pekerjaan kamu menjadi lebih maksimal.

6. Buat Meja atau Tempat Kerja Senyaman Mungkin
Keadaan ruang kerja juga bisa memengaruhi konsentrasi dan mood kalian. Buat meja kerja atau ruang kerja menjadi senyaman mungkin agar kamu maksimal dalam mengerjakan pekerjaan.

7. Mengurutkan Prioritas
Catat kegiatan penting yang akan dilakukan setiap harinya. Kemudian, berilah urutan dari yang terpenting hingga yang tidak terlalu penting, sehingga kamu bisa fokus melakukan kegiatan satu-persatu. Ingat! Jangan tergoda dengan hal-hal yang tidak terlalu penting. 

8. Yakin terhadap Diri Sendiri
Yakinkanlah kalau kamu bisa melakukannya. Kadang kurangnya keyakinan dapat membuat pekerjaan itu semakin tertunda

9. Ingat Tujuan Awal
Saat mulai merasa malas dan berat untuk melakukan pekerjaan, ingatlah cita-cita yang ingin kamu raih dan ingatlah bahwa dengan menunda pekerjaan yang ada, kamu juga akan menunda terwujudnya cita-cita.

10. Kurangi Menganggap Enteng Pekerjaan
Sering kita menganggap suatu pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat, tapi setelah dihadapi ternyata tidak sesuai dengan apa yang dibayangkan. Sampai akhirnya, kita meninggalkan pekerjaan itu dan menundanya lebih lama lagi.

11. Meningkatkan Kesadaran Diri
Kamu harus mengingatkan diri sendiri secara terus-menerus dan menyadari bahwa jika menunda satu pekerjaan itu akan berisiko pada banyak hal dan bisa berakibat buruk bagi kualitas diri.

12. Kasih Self-Reward Sebagai Apresiasi
Ngasih hadiah buat diri sendiri itu sah-sah aja kok sebagai apresiasi diri karena sudah berhasil menyelesaikan pekerjaan. Cara ini bisa membuat kamu lebih semangat dalam mengerjakan tugas berikutnya dan berhenti menunda-nunda sesuatu. 

Ingatlah kebiasaan menunda pekerjaan itu dapat diubah, jadi lakukanlah tips diatas untuk menghilangkan kebiasaan tersebut.

0 Komentar