Strategi Pemberian Diskon Untuk Menarik Pembeli

 

Mutiia.com

Diskon artinya pengurangan harga produk tertentu sehingga meningkatkan minat beli calon konsumen dan akhirnya mempengaruhi keputusan pembelian. Penawaran diskon diberikan untuk menghabiskan stok atau memperkenalkan produk baru.

Kata diskon, cashback, promo, buy one get one akan selalu menarik dan disukai bagi mereka yang suka berbelanja. Meskipun awalnya tidak begitu membutuhkan produk tersebut, tapi dengan adanya label tersebut konsumen bisa saja menjadi lupa diri.

Strategi pemberian diskon sangat efektif dalam penjualan produk, karena mampu memberikan sugesti pada konsumen  jika harga produk seolah lebih murah. 

Meskipun diskon dapat meningkatkan penjualan dan menarik lebih banyak pembeli, bukan berarti kamu bisa memberikan diskon untuk semua orang dan secara terus menerus.

Memberikan diskon tidak bisa dilakukan asal-asalan karena akan mengganggu margin keuntungan, jadi diperlukan strategi dan perencanaan yang benar dan tepat agar omzet penjualan dapat meningkat dan keuntungan penjualan bertambah banyak.

Berikut langkah dasar rencanakan diskon dan strategi harga:

• Mengidentifikasi margin keuntungan, break-even point, dan markup harga yang tepat dan masuk akal
• Mengidentifikasi diskon penjualan apa yang sekiranya masih memberikan keuntungan
• Cari tahu dan pelajari strategi diskon dan promosi yang digunakan kompetitor kamu.
• Buat konsep diskon yang unik dan berbeda.
• Mencari cara lain untuk meningkatkan penjualan tanpa harus menurunkan harga
• Mengidentifikasi kapan biasanya penjualan produk mengalami penurunan
• Jangan membuat syarat dan ketentuan diskon yang rumit

Setelah itu, coba strategi penawaran diskon.

Berikut beberapa strategi diskon yang bisa kamu diterapkan:

1. Psikologi Penetapan Harga

Sering sekali kita melihat penjual yang menjual produknya dengan harga misal 19.999 atau 8.990. Kadang membuat kita bertanya-tanya kenapa tidak dibulatkan saja menjadi 9.000 atau 20.000?

Penerapan harga tersebut ada hubungannya dengan psikologi, yang disebut pesona harga atau harga psikologi, dimana strategi harga ini memiliki efek psikologi terhadap keputusan pembelian konsumen.

Kita mungkin pernah menjadi salah satu korban dari pesona harga ini.

Meskipun sebuah produk hanya mengambil 1 rupiah saja dan sadar kalau penggunaan angka tersebut hanya permainan harga, kemungkinan kamu masih akan tetap percaya kalau harga 8.990 masih lebih murah dari pada 9.000

2. Persentase Diskon

Diskon dengan persentase tertentu merupakan salah satu cara yang juga sering digunakan. Misal menawarkan diskon kecil dari 5-10%. Diskon ini bisa memberikan dorongan dan minat pembeli untuk membeli produk kamu. Jika digunakan untuk menghabiskan stok lama yang memenuhi ruang penyimpanan, kamu bisa menggunakan diskon yang lebih besar 40-70%.

3. Menerapkan Strategi Impulse Buying

Impulse buying bisa diartikan sebagai daya tarik konsumen yang awalnya tidak niat dan tertarik untuk membeli menjadi membeli (spontan atau tidak direncanakan sebelumnya).

Agar terlihat letakkan atau pajang produk dibagian depan, seperti di depan pintu masuk atau di dekat kasir.

4. Promosikan Event Berbasis Diskon atau Diskon di Momen-Momen Tertentu

Untuk mempertahankan minat pelanggan dan menjaga penjualan, penjual bisa membuat event khusus untuk memberikan diskon.

Biasanya tingkat penjualan di momen-momen tertentu meningkat dari pada hari-hari biasa, jadi penjual tidak boleh melewatkannya. Diskon ini akan mudah diingat dan akan dinanti-nantikan oleh para pembeli.

Contoh: event di hari liburan, ulang tahun, hari-hari besar, diskon mingguan, gajian, awal bulan, weekend, hari-hari besar, libur nasional, imlek, lebaran, valentine, natal, tanggal cantik dsb.

5. Subsidi atau Gratis Ongkir

Banyak calon pembeli tidak jadi membeli setelah mengetahui ongkos kirim barang yang akan dibeli ternyata mahal, akhirnya meninggalkan barangnya dikeranjang belanjaan. Tidak sedikit juga yang ongkos kirimnya lebih mahal dari pada harga barangnya.

Meskipun bisa mempengaruhi keuntungan penjual, cara ini masih banyak digunakan karena bisa meningkatkan penjualan.

6. Free Gift

Semua pembeli pasti akan merasa senang jika mendapatkan hadiah gratis. Misal membeli handphone lalu mendapat casing hp gratis. Hadiah gratis ini juga dapat berupa voucher diskon yang bisa digunakan ketika pembeli berbelanja lagi di toko kamu.

Free gift bisa diterapkan pada produk jualan yang tidak begitu diminati. Hadiah yang diberikan bisa berupa barang yang berhubungan dengan produk utama yang dibeli konsumen dan barang yang diberikan juga tidak perlu mahal.

7. Berikan Syarat dan Ketentuan yang Simpel

Agar dapat meningkatkan penjualan syarat dan ketentuan yang diberikan haruslah mudah dan tidak rumit.

Misal: Harus membeli grosir atau minimum pembelian yang terlalu tinggi. Penjual bisa menjual produk secara ecer atau satuan, tapi agar tidak rugi penjual bisa memberikan minimal pembelian yang tidak terlalu tinggi.

Jika terlalu rumit konsumen tidak akan mengikuti program diskon yang tawarkan tawarkan.

8. Waktu Diskon, Durasi Penggunaan dan Terbatas

Strategi ini bisa dilakukan  di waktu-waktu tertentu, seperti diskon 50% all item di jam 22.00, berlaku hingga jam 00.00 atau hingga stok barang habis.

Diskon bisa dilakukan di hari tertentu seperti saat weekend atau akhir bulan. Beri syarat tertentu seperti minimal pembelian, baru bisa mendapatkan diskon. Cara ini akan lebih menarik minat pembeli untuk berbelnja.

Durasi penukaran diskon dapat mendorong konsumen untuk segera membeli produk yang sedang ditawarkan, karena konsumen akan merasa khawatir kehilangan kesempatan mendapatkan potongan harga.

Durasi penggunaan diskon jangan terlalu lama dan juga jangan terlalu pendek. Jika diskon yang digunakan besar penukarannya bisa dalam jangka waktu singkat dan sebaliknya.

9. Diskon untuk Pembelanjaan Pertama Pembeli

Diskon bisa diberikan khusus untuk pembeli yang baru pertama kali belanja di toko kamu. Diskon ini bisa menaikkan minat pembeli dari yang awalnya tidak berniat membeli apapun menjadi membeli karena ada penawaran diskon di toko kamu.

10. Diskon penjualan Produk Baru

Mempromosikan produk baru tidaklah mudah. Produk baru yang kamu keluarkan tentunya belum mendapatkan kepercayaan dan belum diminati oleh konsumen. Memberikan diskon bisa menjadi salah satu cara agar produk yang baru kamu luncurkan dikenal dan diminati banyak orang.

Pertimbangkan diskon yang akan diberikan, karena jika terlalu banyak value dari produk itu akan berkurang.

11. Terapkan sistem Minimal Pembelian

Cara ini dapat menaikkan omset penjualan kamu. Kamu dapat menawarkan paket produk yang tentunya lebih murah harganya ddibandingkan membeli satuan. Bisa juga dengan cara minimal memberikan diskon pada produk kedua yang akan dibeli. Jadi konsumen harus membeli 2 produk untuk mendapatkan diskon.

12. Strategi Diskon Buy One Get One

Strategi ini sering ditemui di supermarket dan mall. Toko online seperti ecommerce dan marketplace juga menggunakan cara ini.

Sebelum di diskon harganya memang sudah dinaikkan, tapi bagi yang kurang tahu soal harga pastinya ini sangat menarik.

Beli 1 produk dapat 1 produk yang sama dengan produk utama,  bisa juga produk yang berbeda. .

Penjual bisa memberikan peraturan minimal pembelian atau menaikkan harga terlebih dahulu agar tidak rugi.

13. Posting ke Media Sosial

Memberikan diskon bagi orang-orang yang memposting produk kamu, bisa melalui Instagram, Facebook dan sosial media lainnya, ditandai ke beberapa teman dan diserati kata-kata yang menarik tentang produk tersebut.

Selain promo gratis, cara ini bisa membuat produk kita dikenal banyak orang.

14. Diskon Pelanggan yang Mengikuti Toko Onlinemu

Apresiasi dengan memberikan diskon untuk pelanggan yang mengikuti toko kamu.

15. Diskon Cashback

Cashback merupakan pemberian potongan harga dengan bentuk uang kembalian, bukan lagi seperti diskon.

Di marketplace cashback biasanya berupa koin yang akan didapatkan setelah pesanan diterima. Nilai koin tergantung ketentuan marketplace itu sendiri, ada yang 1 koin = 1 rupiah atau 1 koin = 10 rupiah. Koin tersebut bisa digunakan untuk pembelanjaan selanjutnya.

Contoh: Cashback 10% untuk setiap pembelian produk kecantikan dengan minimal pembelian Rp120.000. Artinya cashback akan didapatkan ketika pembeli membeli produk di atas 120.000

16. Grup Diskon dan Paket diskon

Diskon yang diberikan ketika anda mengajak teman untuk membeli.

Contoh: Ajak 4 temanmu dan dapatkan diskon 25% untuk pembelian kebutuhan rumah.

Sedangkan paket diskon merupakan diskon yang diberikan ketika kita membeli beberapa produk sekaligus dalam sekali belanja, banyaknya produk tergantung ketentuan toko.

Contoh Pilih 9, diskon 9.000

17. Diskon Member

Untuk setiap pembeli biasanya ditawari kartu member, pemilik kartu ini akan diperlakukan lebih istimewa dari pada konsumen biasa. Costumer yang memiliki kartu member biasanya akan mendapatkan diskon, poin atau undian.

Pembeli yang mencapai minimal belanja biasanya akan diberi kartu member. Pembeli hanya perlu menyiapkan kartu identitas dan uang administrasi, tetapi ada juga yang gratis. Cara ini bisa membuat pelanggan tidak berpindah tempat.


Diskon memang bisa memberikan banyak manfaat, Sebelum menerapkan diskon jangan lupa untuk memperhitungkan keuntungan yang akan didapatkan, jangan sampai salah perhitungan yang mengakibatkan bisnis kamu mengalami kerugian.

Terus lalukan promosi, penjual bisa memanfaatkan sosial media atau media lain yang mudah dijangkau oleh konsumen. .Tidak semua bisnis, online atau offline, bisa memberikan diskon atau penawaran khusus, jadi penjual bisa mencari cara lain untuk menarik pembeli untuk berbelanja di toko kamu.

 


0 Komentar