Wajib Pakai Sunscreen Tiap Hari Untuk Melindungi Kulit Wajah Agar Tetap Sehat

 

Mutiia.com

Perawatan wajah sangatlah penting dilakukan, mulai dari penggunaan make up remover, facial wash, toner, serum dan juga sunscreen. Sunscreen menjadi salah satu produk yang tidak boleh terlewatkan untuk digunakan apalagi kita berada di negara tropis yang intensitas paparan sinar mataharinya tinggi.

Sinar matahari yang mengenai kulit dapat menyebabkan kulit terbakar, efek terburuknya bisa menyebabkan kanker kulit. Salah satu pencegahannya yaitu dengan menggunakan sunscreen.

Sunscreen itu sendiri merupakan produk perawatan kulit yang digunakan untuk melindungki kulit dari radiasi sinar UV, UVA maupun UVB. Produk ini biasanya berbentuk lation, gel, foam, spray, atau stick.

Sinar UVA dapat menembus bagian terdalam kulit sehingga bisa menimbulkan kerusakan yang lebih parah pada kulit, seperti mempercepat penuan kulit, keriput dan flek hitam. 

Sinar UVA bisa menembus kaca dan awan, bahkan dalam keadaan mendung sekalipun. Sedangkan sinar UVB memiliki panjang gelombang yang lebih kecil, tidak menembus awan dan kaca, tetapi radiasinya jauh lebih kuat dari pada UVA. Terpapar sinar UVB sebentar saja dapat menyebabkan kulit terbakar.

Sinar UVA dan UVB sama-sama memiliki dampak buruk bagi kulit. Efeknya juga akan dirasakan dalam jangka waktu pendek maupun jangka panjang.

Penggunaan sunscreen dapat melindungi kulit dan menangkal sinar matahari yang berbahaya bagi kulit.

Untuk perlindungan yang maksimal, pakai sunscreen secara berkala setiap 2 jam sekali. Karena meskipun ampuh menghalangi sinar matahari tembus ke dalam kulit, tapi daya pelindungnya akan terus berkurang, bisa karena keringan, gesekan dengan kulit, sehingga perlu di-reapply lagi setiap 2 jam sekali. Waktu reapply bisa 2 atau 3 jam, tergantung seberapa lama kulit terpapar sinar matahari langsung dan berapa banyak kandungan SPF yang ada di dalam sunscreen tersebut.

Penggunaan sunscreen bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah, terutama jangka panjang. Sehingga wajib pakai sunscreen tiap hari untuk melindungi kulit wajah agar tetap sehat.

Berikut tips agar sunscreen dapat bekerja secara optimal, sehingga kulit mendapatkan perlindungan yang maksimal:

• Pilih sunscreen minimal SPF 30
• Sesuaikan dengan kondisi kulit
• Aplikasikan ke semua area yang tidak tertutup baju, seperti leher, wajah, lengan tangan, kaki ataupun punggung.
• Gunakan takaran sunscreen 2 ruas jari, untuk wajah dan leher.
• Jangan terlalu tipis
• Gunakan 15-30 menit sebelum keluar rumah
• Gunakan ulang tiap 2-3 jam sekali
• Gunakan sunscreen sebelum make up

Sunscreen sendiri dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan bahan yang digunakan, yaitu sunscreen physical dan chemical. Physical menghalangi sinar UV gara tidak menembus lapisan kulit bagian dalam, sedangkan chemical  menyerap radiasi sinar UV, sehingga tidak sampai masuk ke lapisan kulit bagian dalam. Kebanyakan formulasi sunscreen yang dijual di pasaran merupakan kombinasi keduanya.

Produk sunscreen saat ini juga sangat bervariasi dan harganya juga terjangkau. Efek penggunaan sunscreen yang biasa ditemui seperti menimbulkan white cash, membuat wajah menjadi berminyak, susah di blend, lengket. Jadi pilihlah sunscreen yang cocok untuk jenis kulit kamu.

Sunscreen wajib digunakan setiap hari karena memiliki banyak manfaat.

Berikut beberapa manfaat sunscreen:

1. Melindungi Kulit Wajah dari Radiasi Sinar UV

Kulit yang sering terpapar sinar matahari bisa memberikan dampak buruk bagi kulit, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Efek jangka pendek seperti kulit kemerahan, belang, kering, mengelupas dan perih. Sedangkan jangka panjangnya bisa menyebabkan penuaan dini seperti muncul flek, keriput bahkan bisa terkena kanker kulit.

2. Mencegah Kulit Terbakar

Jika terpapar sinar matahari terlalu lama dan sering, kulit wajah akan memerah, belang bahkan bisa juga terbakar. Penggunaan sunscreen dapat mencegah efek tersebut.

3. Membuat Warna Kulit Tetap Merata

Aktivitas di bawah sinar matahari sering kali membuat kulit wajah menjadi belang atau lebih gelap. Biasanya hanya dibeberapa bagian saja, sehingga warna kulit tidak sama. Hal tersebut bisa terjadi karena kulit wajah tidak dilindungi oleh sunscreen.

4. Mencegah Penuaan Dini

Akibat terlalu sering terpapar sinar matahari, kolagen pada kulit wajah menjadi menurun dan dapat mempercepat timbulnya tanda-tanda penuaan dini seperti kulit kering, kasar, garis halus, kerutan di wajah dan muncul bintik atau flek hitam. Efek ini bisa dicegah dengan menggunakan sunscreen sejak dini dan selalu gunakan sebelum keluar ruangan.

5. Mencegah Terjadinya Kanker Kulit

Terlalu sering dan lama terpapar sinar matahari tanpa perlindungan kulit, memungkinkan kamu terkena sunburn, kulit terbakar atau tanda kerusakan sel DNA pada sel kulit yang berisiko terkena kanker. Sunscreen bisa mencegah paparan sinar matahari yang berlebihan, jadi resiko terkena kanker bisa dimimalisir.


Jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen setiap hari, saat beraktivitas di luar maupun di dalam ruangan, karena sinar UV tetap bisa masuk dalam ruangan lewat sela-sela pintu, kaca dan juga jendela.

Meskipun sinar matahari di pagi hari baik untuk asupan vitamin D, kamu tetap harus menggunakan sunscreen untuk melindungi wajah.

Tetap pakai sunscreen meskipun kulit sudah terlanjur rusak, agar kerusakannya tidak bertambah dan meluas. Jika sudah muncul efek  yang tidak mengenakkan, segera konsultasi ke dokter kulit


Jangan Lupa Gunakan Sunscreen Sebelum Beraktivitas

0 Komentar