Cara Mengaktifkan Program Bebas Ongkir di Tokopedia

Mutiia.com

Penggunaan Marketplace untuk berbelanja online belakangan ini terus mengalami meningkatan,  menurut data yang diambil dari iPrice, belanja online masyarakat meningkat drastis hingga 400%. 

Agar tidak tertinggal, penjual harus menjual produknya secara online, selain produk akan menjadi lebih banyak dikenal orang, omset penjualan juga akan meningkat. Tidak heran jika saat ini banyak penjual yang hanya berjualan online atau memiliki toko online saja tetapi tidak memiliki toko offline.

Seller bisa berjualan di media sosial, E-commerce dan Marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan ada banyak lagi lainnya.

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan yaitu dengan mengaktifkan fitur gratis ongkir yang sudah disediakan oleh pihak Marketplace. Pembeli juga akan berpikir dua kali jika ingin membeli suatu barang tetapi ongkos kirimnya mahal, bahkan bisa melebihi harga barang yang akan dibeli.

Seller harus bergerak cepat mengikuti trend dengan memanfaatkan fitur atau program gratis ongkir di toko onlinenya. Bebas ongkir ini bisa menentukan keputusan pembeli untuk membeli produk di toko kamu atau tidak. 

Artikel ini akan membahas cara mengaktifkan gratis ongkir di Tokopedia, karena platform ini paling banyak digunakan  saat ini.

Berikut cara mengaktifkan Bebas Ongkir di Tokopedia:

Syarat Aktivasi agar bisa mengaktifkan program gratis ongkir:

• Toko terdaftar sebagai Regular Merchant, Power Merchant (aktif) & Official Store.

• Melakukan pinpoint lokasi toko

• Aktifkan ekspedisi SiCepat dan Anteraja (Mitra Tokopedia).

Penjual bisa mengaktifkan layanan pengiriman SiCepat, Anteraja dan/atau Kurir Rekomendasi Reguler di halaman pengaturan pengiriman.

Setelah mengaktifkan Fitur Bebas Ongkir, maka secara otomatis layanan pengiriman SiCepat atau Anteraja akan diaktifkan selama berada dalam daerah jangkauan.

Cara mengaktifkannya:

1. Pastikan kamu sudah memiliki akun Tokopedia dan mendaftar menjadi seller

2. Buka halaman Tokopedia Seller (app atau web)

3. Scroll ke bawah, pilih menu Pengaturan Toko, kemudian buka sub-menu Pengiriman

4. Ceklis ekspedisi SiCepat dan Anteraja (Bisa pilih salah satu)

5. Kemudian cari menu Iklan dan Promosi

6. Pilih opsi Bebas Ongkir

7. Pelajari Syarat Aktivasi. Pastikan kamu sudah melakukan pinpoint lokasi toko.

8. Jika semua sudah tercentang, klik tombol Aktifkan Bebas Ongkir.

Mutiia.com
9. Tunggu hingga muncul notifikasi Anda Telah Sukses Mengaktifkan Bebas Ongkir


Manfaat fitur bebas ongkir ini dapat meningkatkan penjualan, meningkatkan pengunjung atau menarik pembeli dan memperluas jangkauan.

Selain mengaktifkan, kamu juga bisa menonaktifkan program ini, berikut caranya.

Cara berhenti berlangganan Bebas Ongkir:

1. Masuk ke halaman Tokopedia Seller

2. Pilih Iklan dan Promosi, lalu pilih Bebas Ongkir 

3. Klik tulisan kecil di pojok kiri bawah Atur Ulang Gratis Ongkir di Sini 

Mutiia.com

4. Kemudian klik Nonaktifkan.

Mutiia.com

Beberapa informasi tambahan lainnya:

*Jika di daerah atau di kota kamu belum tersedia kurir SiCepat atau AnterAja maka toko kamu belum bisa mendapatkan fitur gratis ongkir

* Biaya Layanan Bebas Ongkir akan mulai dikenakan kepada Penjual, Regular Merchant: 3% dengan maksimal Rp10.000 per produk, Power Merchant: 2,25% dengan maksimal Rp10.000 per produk dan Power Merchant PRO: 1,5% dengan maksimal Rp10.000 per produk

Meskipun terlihat banyak potongan biaya admin atau biaya layanan, program gratis ongkir ini tetap menguntungkan kita sebagai seller. Kamu juga tidak wajib mengaktifkan program ini yang penting penjualan tetap jalan dan ada pemasukan.

Itu tadi cara mengaktifkan program bebas ongkir di Tokopedia. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar, untuk lebih lengkapnya kunjungi web tokopedia.


0 Komentar